Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Ibadah dan Pertolongan

Setelah ayat مالك يوم الدين kita lanjutkan dengan ayat إياك نعبد وإياك نستعين yang secara keseluruhan berarti : “Hanya Engkaulah yang kami ibadahi dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”

Pendahuluan kata إياك yang dalam tatanan bahasa Arab disebut maf’ul atau objek, bertujuan untuk menarik perhatian dan sekaligus sebagai pembatasan. Artinya: “Kami tidak beribadah kecuali kepada-Mu dan kami tidak bertawakal kecuali hanya kepada-Mu”. Inilah cermin ketaatan yang sempurna. Karena agama ini secara keseluruhan kembali kepada dua makna di atas.

Sebagaimana yang disebutkan para ulama terdahulu, bahwa inti surat Al-Fatihah adalah ayat ini. Penggalan pertama, “Hanya kepada-Mu kami beribadah” adalah pernyataan lepas dari kemusyrikan. Sedangkan penggalan kedua, “Hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan” adalah penyerahan diri yang sempurna kepada Allah.

Selanjutnya jika dicermati lebih dalam, sebelum ayat ini, Allah hadir dengan kata pengganti ketiga yaitu هو atau Dia. Namun ketika memasuki ayat ini kata gantinya berubah أنت atau Kamu. Hal ini memang selaras, karena ketika seorang hamba memuji kepada Allah, maka seolah-olah ia merasa dekat dan hadir di hadapan-Nya.

Ini juga dalil yang menunjukan bahwa awal-awal surat Al-Fatihah merupakan pemberitahuan dari Allah yang memberikan pujian kepada diri-Nya sendiri dengan berbagai sifat-Nya yang Agung, serta petunjuk kepada hamba-Nya agar memuji-Nya dengan pujian tersebut.

Adapun pendahuluan إياك نعبد dari إياك نستعين , karena ibadah kepada Allah adalah tujuan sedangkan permohonan pertolongan adalah sarana untuk beribadah. Yang terpenting didahulukan dari sekedar penting. Wallahu A’lam.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Sampai jumpa insyaAllah Jumat depan dalam catatan, “Bahagia Bersama Al-Quran”.



Sumber utama: Tafsir Ibnu Katsir






Share This Article


2 comments:

  1. alhamdulillah masih ada blogger yg mau posting topik agama, bikin adem n nmbh ilmu rohani saya

    ReplyDelete