Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Pintu-Pintu Kebaikan

Dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Wahai Rasulullâh! Jelaskan kepadaku amal perbuatan yang memasukkanku ke surga dan menjauhkanku dari neraka?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, engkau telah bertanya tentang sesuatu yang besar, namun itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah Azza wa Jalla di dalamnya, yaitu: engkau beribadah kepada Allah Azza wa Jalla dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, melaksanakan shalat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan, dan haji ke Baitullah.”

Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah engkau aku tunjukkan pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam.”

Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca firman Allah Azza wa Jalla , “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Maka, tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (as-Sajdah/32:16-17).

Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah engkau aku jelaskan tentang pokok segala perkara, tiang-tiang, dan puncaknya?” Aku berkata, “Mau, wahai Rasulullâh.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pokok segala perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad.”

Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah engkau aku jelaskan mengenai hal yang menjaga itu semua?” Aku menjawab, “Mau, wahai Rasulullâh.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang lidahnya kemudian bersabda, “Jagalah ini (lidah).” Aku berkata, “Wahai Nabiyullâh, apakah kita akan disiksa karena apa yang kita katakan?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mudah-mudahan Allah Azza wa Jalla menyayangi ibumu, wahai Mu’adz! bukanlah manusia terjungkir di neraka di atas wajah mereka -atau beliau bersabda: di atas hidung mereka- melainkan dengan sebab lisan mereka.” [Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi. Beliau mengatakan, “Hadits ini hasan shahîh]”

Lelaki Baik Hati

Dua hari lalu saya berjalan menembus panasnya Jakarta. Tiba-tiba seorang lelaki berhenti di samping saya. Dia mengendarai sepeda motor. Hati mengira dia ingin bertanya alamat. Namun tak disangka malah menawarkan tumpangan. Subhanallah.

Dengan senang hati saya mengiyakan. Alhamdulillah tujuan kami searah. Jadi saya diantar sampai tujuan. Setelah itu dia memberikan nomor HPnya. Pesannya, jika butuh sesuatu silahkan hubungi saya. Subhanallah.

Saya sempat mengira dia malaikat yang akan hilang di ujung jalan. Ternyata tidak. Soalnya saat dihubungi nomornya aktif dan menyapa dengan lembut. Subhanallah.

Kawan, lelaki itu masih muda, mungkin seumuran dengan saya. Hanya badannya agak tinggi dan besar. Darinya saya belajar, ternyata berbuat baik itu mudah. Sangat sederhana. Namun berapa orangkah yang punya kepekaan seperti dia?!

Semoga Allah menjadikan kita, hambaNya yang senang menolong dan berbuat baik. Minimal tersenyum saat bertemu dengan orang lain. :)



Share This Article


9 comments:

  1. Alhamdulillah belajar kembali malam ini..."jika kau pikir dirimu telah banyak berbuat dalam hidup, lihatlah, bahwa ternyata masih banyak orang yang lebih ikhlas dari dirimu"...semoga ini bisa kita selalu ingat di dalam hati...inspiring mas cerita pengendara motornya.

    ReplyDelete
  2. Mengunjungi senyum syukur memang tidak akan pernah rugi... banyak ilmunya. harus rajin-rajin mampir nih...

    ReplyDelete
  3. berikan 1 seyum mu tuk meraih 1000 senyum dari orang di sekitarmu..
    senyum dan syukur,,,,,

    hati yang lunak memang enak... hati yang keras biasanya bikin panas

    ReplyDelete
  4. masih banyak orang2 yg baik hati yg berada di sekitar kita, bila kita juga senantiasa berbaik hati kepada orang lain, maka insya ALLAH kita akan bertemu dengan orang2 baik hati tersebut...salam ;-)

    ReplyDelete
  5. Subhanallah. Kau orang baik sehingga kebaikan2 itu pun datang menemuimu jua. Begitu banyak pintu kebaikan namun sayang kadang seringkali saya berpangku tangan. Doakan terus sahabatmu ini untuk bisa berbuat baik ya :)

    ReplyDelete