Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Anak Muda

Sabtu pekan lalu saya ikut seminar gila Revolusi Gila Bisnis Online yang dipersembahkan oleh komunitas Bisnis Anak Muda. Peserta dan pematerinya rata-rata berusia 18-25 tahun. Bahkan ada peserta yang masih duduk di bangku SMA.

Meskipun masih muda, omset penjualan mereka sungguh fantastis. Beberapa orang diantara mereka bahkan mencapai ratusan juta perbulan. Sungguh sebuah prestasi yang mengagumkan. Saya yang masih dalam proses merintis, mendapatkan banyak ilmu di sana.

Pentingnya Seminar dan Komunitas

Ada satu pelajaran menarik yang disampaikan oleh seorang pemateri. Dia berkata, ikut seminar itu pada dasarnya mengulang banyak hal yang sama. Bahkan tak jarang apa yang akan disampaikan pemateri sudah peserta hafal dan pahami.

Namun, bukankah orang yang pergi ke konser musik adalah para penggemar band yang akan tampil? Bukankah mereka telah hafal lagu yang akan dibawakan sang artis? Lalu mengapa mereka tetap mau datang ke konser itu?

Begitu juga dengan seminar bisnis. Materi yang disampaikan biasanya adalah lagu lama yang diputar berulang-ulang. Mulai dari impian, aksi, istiqomah, jangan menyerah, jika berhasil bersyukur, kalaupun gagal bersabar dan mulai lagi. Namun, tentu saat pulang kita akan selalu membawa sesuatu yang baru. Entah itu ilmu, semangat, atau mitra bisnis. Alhamdulillah saya mendapatkan ketiga-tiganya dari seminar itu.


Masa Keemasan

Masa muda adalah masa yang penuh dengan kekuatan dan semangat. Masa muda memiliki banyak keutamaan dibanding masa anak-anak maupun orang tua. Untuk itu manfaatkan ia dengan sebaik mungkin.

Presiden pertama kita, Bapak Soekarno pernah berkata, “berikanlah aku sepuluh pemuda maka akan kugoncang dunia.”

Dalam islam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manfaatkanlah yang lima sebelum datang yang lima, {salah-satunya} masa mudamu sebelum masa tuamu...” (HR. Hakim)

Untuk Kawan yang masih muda, berpikirlah untuk masadepan. Hidup ini hanya sekali maka berikanlah yang terbaik!



Share This Article


4 comments:

  1. Wah kalau saya mah masih dalam proses wacana. Ah jadi ngiri.

    ReplyDelete
  2. asik tuh mas.. emang baik nya bikin komunitas nih

    ReplyDelete
  3. Yg muda yg wirausaha
    saya muda
    semangat akh :)

    ReplyDelete