Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Keajaiban Berbagi


Kebahagiaan saat menerima pemberian disaat butuh adalah kebahagiaan yang besar dan indah. Tapi, memberi disaat butuh, jauh lebih besar dan indah. Berbagilah, walaupun hanya satu rupiah. Bersedekahlah, meskipun hanya dengan senyuman. Bersedekah, Berbagi, dan Bahagia, :) *sM28#

Keajaiban Pertama

Mau hidup penuh semangat dan motivasi?

Mudah. Tebarkan semangat dan motivasi niscaya kau akan terus bersemangat dan termotivasi.

Masih ingat layanan SMS Motivasi sM?

sM atau senyum motivasi adalah layanan SMS motivasi yang kami dirikan diakhir tahun 2011 silam. Meskipun berdiri hanya sekitar setahun namun manfaat yang kami rasakan dari layanan SMS ini sangatlah besar.

Kami tak membahas pengaruh layanan SMS itu pada member, sebab kami tak punya kuasa untuk menilai hati. Meskipun beberapa dari mereka mengaku sangat termotivasi dan merasakan manfaat yang besar darinya, kami masih tak punya keberanian untuk mengatakan bahwa layanan itu telah sukses dan berhasil.

Yang jelas, seberapa besar manfaat yang dirasakan member dari layanan itu takan bisa mengalahkan besarnya manfaat yang kami dapat darinya.

Jujur, selain untuk kawan-kawan lama, tujuan utama layanan SMS itu adalah untuk memotivasi diri kami sendiri yang saat itu tengah berada dalam kondisi -sedikitputus asa. Benar kawan, kami dilanda putus asa karena tempat yang kami tempati saat itu tidak sesuai dengan apa yang kami bayangkan. Sehingga semangat belajar turun drastis dan semangat hidup pun kian meredup.

Namun, ahamdulillah kami tak larut dalam kondisi itu. Kami berusaha berpikir dan mencari cara agar bisa keluar dari keadaan itu. Dengan izin Allah akhirnya kami putuskan untuk mendirikan layanan SMS Motivasi sM. Sebab kami yakin dan percaya tidak ada cara yang paling baik untuk memotivasi diri sendiri kecuali dengan memotivasi orang lain.

Mengapa demikian? Karena sebelum memotivasi orang lain kami harus termotivasi lebih dahulu. Sehingga keadaan itu “memaksa” kami untuk mencari dan membaca buku-buku motivasi yang lumayan banyak.  Membuat kami harus mencoba cara dan anjuran-anjuran yang didapatkan dari buku-buku itu sebelum menyebarkannya. Memaksa kami membuka kembali buku-buku yang pernah dibaca untuk menemukan kalimat-kalimat motivasi yang dulunya pernah membakar semangat.

Tanpa terasa, situasi ini membuat hidup dan motivasi yang dulunya mati kembali membara, membangkitkan semangat dan cita-cita yang dulunya sempat meredup. Alhamdulillah dengan izin Allah sM telah memberikan manfaat yang banyak untuk hidup dan kehidupan kami. Tentunya ini semua tanpa mengesampingkan peran keluarga, ustad, guru dan sahabat yang senantisa mendukung.

Tahukah kau kawan, salah satu manfaat yang paling terasa dari layanan ini adalah meningkatnya semangat belajar kami, sehingga untuk semester itu alhamdulillah kami mendapatkan predikat Mumtaz.



Kejaiban Kedua

Ingin makan mewah gratis?
Ingin jalan-jalan ke luar negeri tanpa biaya atau bahkan dibiayai?
Ingin jalan-jalan ke tempat wisata luar negeri tanpa mengeluarkan uang?
Ingin main futsal gratis?
Mau?

Jika mau simaklah kisah dibawah ini.

Entah bagaimana kami memulai bagian kedua ini. Yang jelas semua yang telah disebutkan di atas telah kami lalui dan rasakan. Semua itu terangkum dalam cerita sebelum dan saat kami di Malaysia.

Sebelum ke Malaysia kami memberikan sejumlah uang yang tidak banyak dan sekantong beras kepada tetangga-tetangga yang berada sekitar rumah. Saat di Malaysia kami dijamu dalam sebuah restoran yang begitu mewah. Tahukah kau kawan, sekali makan untuk kami yang jumlahnya sekitar sepuluh orang menghabiskan biaya sekitar sejuta lebih (jika dirupiahkan). Dan itu tidak hanya sekali tapi berulang kali.

#beras yang harganya sekitar sepuluh ribu dibalas makanan yang harganya sekitar sejuta, berkali-kali.

Sebelum ke Malaysia kami sempat membiayai beberapa teman untuk jalan-jalan ke sebuah tempat wisata. Di Malaysia kami diajak jalan-jalan ke berbagai tempat wisata. Yang paling menakjubkan adalah mengunjungi menara kembar Petronas.

#satu tempat dibalas dengan banyak tempat wisata yang menakjupkan.

Sebelum ke Malaysia kami sempat mentraktir beberapa teman untuk bermain futsal. Saat di Malaysia kami diajak main futsal dan berkali-kali menjadi bintang lapangan, hehe.

#satu kali futsal terbalas berkali-kali futsal, diluar negeri pula.

Kawan, dan yang paling menakjubkan dari semua itu adalah uang kami sebelum berangkat ke Malaysia lebih sedikit dibanding uang kami setelah pulang dari Malaysia. Sekedar info bahwa kami berada di sana bukan untuk bekerja tapi untuk belajar. Kami berada disana sekitar dua bulan. Bahkan dalam masa dua bulan itu kami sempat mengunjungi Thailand. Sungguh sangat menakjubkan. Benar-benar kejaiban berbagi.

#dengan uang lima ratus ribu yang kami bagikan ke tetangga-tetangga sekitar rumah dibalas dengan perjalanan yang penuh hikmah, kehidupan yang mudah, dan banyak pertolongan yang datang tiba-tiba selama di sana. Mendapat banyak teman, kenalan, ilmu, dan pengalaman tentunya. Alhamdulillah.

Keajaiban ketiga

Mau pulsa gratis?

Mudah. Berbagilah pulsa maka kau akan dapat banyak pulsa.
Tak percaya?

Percayalah kami telah membuktikannya. Bukan hanya sekali tapi berkali-kali.

Pertama, saat mengasuh layanan SMS Motivasi sM. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa layanan sM yang kami dirikan itu tak memungut biaya sepeserpun. Biaya pulsa murni dari kantong kami sendiri. Tapi entah dari mana dan siapa yang mengirimnya, selalu ada pulsa yang terkirim ke nomor kami. Itulah kelebihan adanya pengisian pulsa elektrik, dengannya kita bisa bersedekah pulsa tanpa harus diketahui.

Kedua, saat mengadakan lomba atau GA pertama kali untuk blog ini. Beberapa hari setelah mengirimkan pulsa kepada pemenang, tentunya dengan pulsa elektrik, alhamdulillah kami mendapat kartu untuk modem dari teman yang sangat luar biasa. Dengannya kami bisa men-dwonload banyak flim dengan biaya yang sangat murah. Sungguh keajaiban yang benar-benar ajaib.


Epiloq

Kawan, berbagi itu bukan tentang banyaknya uang, tapi sebesar dan sekaya apa hatimu. Dengan segala kerendahan hati, jujur kami adalah yatim piatu sejak umur sepuluh tahun. Tapi, dengan izin Allah meskipun tak seberapa, kami bisa membagikan banyak hal dari hidup kami.

Banyak teman, sahabat, dan bahkan keluarga yang menganggap kami kaya dan banyak uang. Mungkin karena kami yang enggan untuk meminta pada mereka. Padahal tak demikian. Asal mereka tahu, dalam beberapa perantauan, perut harus terbiasa makan nasi dan tahu saja.

Kaya? Itu bukan tentang banyaknya materi, tapi betapa besar keinginan untuk berbagi. Menurut kami, orang yang senantiasa ingin memberi itulah orang terkaya meskipun ia tak memiliki harta sama sekali. Sedangkan orang yang selalu berharap untuk diberi, maka (menurut kami) dialah orang termiskin walaupun sebanyak apa hartanya. Jika ingin meminta, maka mintalah pada yang Maha Kaya Allah Ta’ala.

Ke Malaysia? Asal kau tahu, seandainya mereka tahu bekal yang kami bawa saat itu (setelah dikurangi harga tiket), ada kemungkinan besar mereka takan mengizinkan kami. Karena bekal yang kami bawa terlalu sedikit, bahkan untuk pulangpun (jika terjadi apa-apa) tak mencukupi. Hanya nekat yang kami punya saat itu.

Sekali lagi, berbagi itu bukan tentang banyaknya uang tapi sebesar dan sekaya apa hatimu. Uang yang banyak takan pernah bisa dibagi jika dimiliki oleh hati yang miskin. Dan begitupun sebaliknya, hati yang senantiasa ingin berbagi takan pernah terhalang oleh ketiadaan materi. Karena berbagi bukan saja dengan uang. Bisa dengan tenaga, pikiran dan bahkan dengan seuntai senyum.

Berbagilah dan nantikan kelipatannya!
Berbagilah dan bersiaplah untuk jadi kaya!
Berbagilah dan rasakan kejaibannya!

Pasti!
Karena bukan kami yang menjamin, tapi Allah Ta’ala. Yakinlah!

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS Albaqorah ayat 261)

__________
Cat. Penutup

“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina padanya. Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.”  (HR. At-Tirmidzi)

Pencantuman hadist diakhir tulisan ini, untuk mengingatkan hati agar selalu ikhlas dalam beramal. Terlalu rugi jika tujuan utama dalam melakukan semua itu hanya karena dunia. Dunia bukanlah tujuan, tapi jembatan untuk menggapai akhirat.

Semoga tulisan yang sederhana ini bisa menambah motivasi Anda dalam berbagi. Berbagilah kawan!

***
Catatan Paling Akhir.
Bagikan kisah inspiratif Anda dalam berbagi dan ikutkan dalam GA kami yang selanjutnya. Syarat dan ketentuan bisa dilihat disini.

Repost: 13 April 2013

Share This Article


24 comments:

  1. Alhamdulillah. Org saya dari dulu selalu mengajarkan tentang 'berbagi' pada sesama. Tulisannya bs dibaca di: http://argalitha.blogspot.com/2012/11/jangan-takut-untuk-berbagi.html

    Berbagi memang menyenangkan. Serasa ada 'plong hati', sebesar apapun masalh rasanya mudah penyelesaiaannya ^^

    ReplyDelete
  2. SEGALA APA YANG DI SHARE OLEH GROUP SM ALHAMDULILLAH SANGAT MEMOTIVASI DIRI KAMI. . . . SYUKRON YA USTADZ ATAS TAUSYIAH2 YANG DI BERIKAN :)

    ReplyDelete
  3. sangat memotovasi dan menginspirasi. Rasanya tidak salah gabung di blog ini :)

    ReplyDelete
  4. Ikutan ya ^^

    Judul Tulisan: Berbagi Membuat Kita Lebih Kaya
    Url: http://aquaillution.blogspot.com/2013/04/berbagi-membuat-kita-lebih-kaya.html

    PS. Tidak usah follow saya baik di medsos/blog, yg penting bisa berbagi cerita ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah ikutan..

      Maaf ya.. kami terlanjur follow blog Anda, :D

      Delete
  5. jadi ingat wasiat seorang guru. Jangan beli baju sebelum baju lama mu dikasihkan ke orang lain.

    ReplyDelete
  6. Dirimu adalah sosok yang telah menginspirasi para pembaca bahwa berbagi itu memang ajaib, benar2 membuat kita mendapatkan banyak benefit. Berbagi itu tidak berkurang, tapi bertambah, jika ikhlas. Mantap ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Kang.. saya juga belajar banyak dari Akang..

      Delete
  7. hanya bisa menyimak. keajaiban dan keindahan berbagi sungguh luar biasa. semoga sukes !

    ReplyDelete
  8. slogan yang sering muncul di dunia maya yaitu "BERBAGI ITU INDAH"..
    tiada kata lain selain kata indah yang pas untuk menemani kata Berbagi... hehehehe

    walah kok malah muter muter ya komentar saya mas... hehehehe

    ReplyDelete
  9. berbagi memang indah ya mas. Apalagi yang dibagi adalah suatu hal positif dan bisa bermanfaat untuk orang lain, pasti akan berlimpah pahalanya :)

    ReplyDelete
  10. Berbagi dengan ikhlas akan mendapat balasan minimal 10 kali lipat

    ReplyDelete
  11. Ya Allah.. berbagi itu indah..makasih tulisan nya..

    ReplyDelete
  12. subhanallah
    sangat indah membaca karya karya ini.
    menambah motivasi serta meninspirasi saya.

    sangat sederhana, berbagi itu sangat barkah dan indah. :) semakin berlimpah pahalanya

    ReplyDelete