Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Orang Bodoh? Mungkin.

你是一个奇怪的人,读的东西,但不明白

因此,如果读的东西,试着去了解

所以,别人不认为你疯了。

同意吗?

Kawan, tahukah kau arti kalimat diatas?
Aku yakin jika kau tak menggunakan jasa terjemahan om google, pastilah kau tak faham dengan deretan kalimat di atas.

Jika kau masukan deretan kalimat di atas kedalam google translate maka akan diartikan seperti ini:


Anda adalah orang yang aneh, membaca hal tersebut, namun tidak mengerti.
Jadi, jika Anda membaca sesuatu, cobalah untuk memahami.
Sehingga, orang tidak berpikir Anda gila.
Setuju?

Ha ha ha, jangan marah kawan, ini bukan sekedar lelucon. Karena, ada makna yang ingin kami sampaikan dibalik kalimat di atas.

Sadar ataupun tidak, terkadang kita menjadi bagian dari kalimat diatas.Ya, kita membaca sesuatu dan tak faham dengan apa yang kita baca. Dan lebih menyedihkan lagi, sesuatu itu adalah hal yang sangat penting dalam hidup kita. Sesuatu yang tanpanya hidup akan menjadi gelap dan tersesat. Sesuatu yang Allah turunkan untuk kita, agar kita selamat menjalani hidup dan kehidupan di dunia ini.

Ya, itulah alquran. Kitab suci kita, pedoman dan petunjuk hidup kita.

Memang membaca alquran mendatangkan pahala, tapi apakah alquran diturunkan hanya untuk dibaca saja? Lalu, buat apa buku petunjuk jika hanya untuk dibaca?

Untuk itu kawan, marilah kita membiasakan diri untuk membaca Alquran dan sekaligus memahaminya. Cara yang paling baik adalah dengan mempelajari bahasa Arab. Namun jika belum sempat, maka belilah alquran yang ada terjemahannya. Insya Allah dengan begitu kita bisa memahami apa yang kita baca. Meskipun sebaik-baik terjemahan takan bisa menyamai aslinya, minimal ada makna dan pelajaran yang bisa diambil setiap kali membaca.

Dengan segala kerendahan hati, kami mengatakan semua ini, karena telah membuktikannya. Meskipun agak lama, tapi semua itu lebih indah dan lebih baik dari sekedar membaca alquran tanpa terjemahan. Dan akan lebih indah lagi saat kita faham dengan bahasa Arab. Karena, seperti yang kami katakan tadi, sebaik-baik terjemahan takan bisa menyamai apa yang diterjemahkan.

Harapan kami, setelah membaca tulisan ini, Anda bertekad untuk menghatamkan alquran dan terjemahannya. Agar tak ada yang berkata pada Anda: "You're really funny, read something but not understand (Kau ini benar-benar lucu, membaca sesuatu tapi tak memahaminya)". Perkataan yang sangat mengiris hati. Perkataan yang akan didengar jika hidup di lingkungan yang mayoritas bukan muslim. Betul, karena itu benar-benar terjadi. Dan semoga tidak terjadi padamu.

Semoga tulisan yang singkat ini bisa memotivasi hati untuk senantiasa membaca, mengkaji, memahami, mengamalkan, dan menghafalkan alquran. Untuk Lebih lengkapnya silakan baca:

Alquran di Dadaku
Bahasa Arab dan Alquran
Alquran Diturunkan Untuk Dibaca Atau Dipahami?

Semoga Bermanfaat.
Share This Article


2 comments:

  1. wah jadi malu.. sampai saat ini baru membaca termasuk artinya aja... belum sampai lughoti arobiyah nya masih nol putul

    ReplyDelete