Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Kita Semakin Dekat

Sebenarnya tulisan ini akan membahas semakin jauhnya kedekatan kami dengan seseorang. Tapi setelah dipikir-pikir ternyata ada banyak kedekatan lain yang lebih indah dan menarik untuk dibahas.

Kedekatan Pertama
Dengan ditemukannya pesawat terbang kini jarak antar pulau dan bahkan benua semakin dekat. Sebenarnya jaraknya sama saja. Tapi waktu tempuhnya yang semakin cepat. Dulu, jika ingin berrangkat ke tanah suci butuh waktu berbulan-bulan, sekarang hanya butuh beberapa jam.

Kedekatan Kedua
Dengan adanya internet hubungan antar insan semakin dekat. Dulu, jika ingin berkirim surat butuh waktu berhari-hari, sekarang tinggal tekan “enter pesan telah terkirim.

Kedekatan ketiga
Dengan berlalunya waktu, tak bisa dipungkiri bahwa kematian semakin dekat. Kita boleh terlena dengan ilusi bertambahnya umur, tapi sadarkah kita bahwa sebenarnya umur itu kian berkurang?

Satu hari yang kita lalui kemarin takan pernah terulang lagi. Satu hari yang sedang kita nikmati hari ini, takan kita temukan diesok hari. Nama bolehlah sama, tapi isi dan kenangan tentunya selalu berbeda. Selasa yang kita nikmati hari ini bukanlah Selasa yang kita lalui pekan kemarin, dan tentunya takan sama dengan Selasa yang akan hadir dipekan depan, itupun jika masih sempat.

Kedekatan dengan seseorang itu hampir melupakan kami dengan kedekatan yang ketiga ini. Padahal kedekatan yang ketiga itu pasti akan menemui kami. Sedangkan kedekatan yang lainnya belum tentu berakhir bahagia.

Kamipun bahagia jika akhir-akhir ini kedekatan dengan seseorang itu telah semakin jauh. Namanya manusia pastilah lalai dan lupa. Namun jika lupa janganlah lama-lama, cepat ingat dan kembali bertobat.

كل نفس ذائقة الموت..
Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan maut” (QS Ali imran 185)

Terbukti sudah, bahwa mati adalah sebaik-baik pengingat. Ingat mati akan menghidupkan hati, dan mengingatkan lalai.

Berbicara mati, dua hari lalu kami mengujungi pemakaman umum. Ternyata tempat tinggal akhir kita hanya tanah berukuran sekian kali sekian.

Semoga tulisan kali ini bisa menjauhkan kedekatan-kedekatan yang belum halal dan menjadikan kita lebih termotivasi untuk semakin dekat dengan Sang Pencipta, nabiNya, dan hukum-hukumNya.

Mohon maaf dan semoga bermanfaat.

____
Tentang kedekatan kedua (internet), dengannya kita kadang terjerumus dengan kedekatan-kedekatan terlarang tanpa disadari. Berhati-hatilah!

gambar dari sini

Share This Article


1 comment:

  1. Kita semakin dekat?

    Iya, jika dulu terpisah ribuan kilo, sekarang kita lebih dekat 1 mili dari sebelumnya.. :D.

    Meskipun hanya semili tapi tetap berbahaya..

    ReplyDelete