Berbagilah walau satu rupiah! Bersedekah meski hanya seuntai senyum! Bersedekah, berbagi, dan bahagia ^^

Kakimu Auratmu



Obat Jerawat yang Super Ampuh
Tahu tidak obat jerawat yang paling ampuh? Obat yang bisa menghilangkan jerawat seganas atau sebesar apapun? Jangankan jerawat, bisul atau catat sekalipun bisa hilang dengan seketika. Tahukah Anda obat apakah itu? 

Ya, benar. Tepat sekali, jawabannya photoshop, hehe.

Dengan photoshop semua masalah yang mengganggu penampilan bisa diatasi. Bukan saja wajah bahkan bentuk tubuhpun bisa diakali. Bagi mereka yang benar-benar ahli sangat gampang membuat orang yang gemuk menjadi kurus, yang hitam menjadi putih, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan permintaan.

Berbicara tentang photoshop mengingatkan kami akan sebuah kisah yang sangat tragis dan mencekam. Betapa tidak, saat itu kami dikumpulkan bersama teman-teman seangkatan untuk diintrogasi akan sebuah foto. Kami dikumpulkan di suatu tempat dan ditanyai satu-persatu. Yang bertanya bersuara tinggi, memegang kayu, dan bermuka marah. Tentu membuat setiap orang yang ditanya menjadi ketakutan.

Pertanyaannya sederhana, siapa yang membuat foto itu. Foto hasil editan photoshop sehingga membuat seorang siswi yang tadinya berjilbab tiba-tiba menjadi, maaf tak berpakaian sehelai benangpun. Sungguh ini adalah perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

Tentang Foto
Rasanya kami tak perlu melanjutkan kisah itu, bagaimana akhirnya, siapa pelakunya, dan apa yang terjadi setelahnya. Ya, sepenggal kisah itu sudah mewakili bagian yang ingin kami jadikan bahan renungan untuk tulisan kali ini. Renungan itu adalah untuk berhati-hati memajang foto.

Tentang foto, setahu kami para ulama memiliki banyak pendapat tentang ini. Ada yang mengatakan boleh mutlak, haram mutlak, boleh dengan syarat, boleh saat darurat, dan lain sebagainya.

Secara pribadi kami bukanlah tipe orang yang suka difoto. Sebab menurut kami foto itu boleh disaat darurat, dibutuhkan, dan tidak dipajang. Meskipun demikian terkadang kamipun tak kuasa untuk menghindar dari foto-foto yang diambil secara bersama. Untuk itulah Anda tidak mendapatkan foto kami dalam fb maupun blog ini.

Tapi marilah kita keluar dari perbedaan pendapat ini. Yang jelas, apapun pendapat Anda tentang foto, mengingat kecanggihan zaman ini, jangan sampai foto Anda bernasib seperti foto teman kami di atas, hendaklah Anda berhati-hati dalam memajang foto. Terutama jika foto itu di upload ke internet baik dalam Fb, Twitter, blog atau media sosial lainnya. Saat foto telah di upload maka semua orang bisa mengambil dan mengedit foto itu sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Peringatan ini lebih kami tekankan untuk mereka yang wanita. Karena foto merekalah yang paling banyak dicuri dan disalah gunakan.

Pandangan dan Kecantikan
Menjaga pandangan adalah suatu yang harus dalam islam. Kami yakin Anda semua sepakat dengan hal ini. Lalu, bagaimana dengan orang yang membiarkan ketampanan dan kecantikannya bisa dipandang leluasa oleh semua orang? Entahlah, terus terang kami tak tahu apa hukumnya.

Kami hanya resah, saat membuka beranda FB atau twitter selalu muncul gambar wanita-wanita cantik. Bahkan diantara mereka dikenal dengan sebutan akhwat. Mungkin salah kami yang menerima atau menjalin pertemanan dengan mereka. Sehingga setiap mengupdate status selalu muncul dengan foto mereka. Tapi benarkah itu benar-benar salah kami? Entahlah..

Benarlah apa yang telah dikutip pada sM kesepuluh bahwa kita takan pernah selamat dari dosa ini. Sekuat apapun kita menjaga dan berusaha, kadang masih ada celah yang tersisa. Semoga bisa dimaklumi.

Tentang Aurat
Sejak sekolah dasar kita sering diajar bahwa menutup aurat itu wajib. Bagi yang pria batasan auratnya dari pusar hingga ke lutut. Adapun untuk wanita auratnya adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Pernah belajar hal ini?

Jadi, untuk wanita kaki itu aurat atau tidak?

Jika Anda sepakat dengan definisi aurat untuk wanita di atas maka sudah jelas bahwa kaki itu termasuk aurat. Sehingga dia harus ditutup dan tidak ditampakan kecuali kepada mahram.

Ini adalah bentuk keprihatinan kami kepada mereka yang memilih untuk memakai cadar tapi lupa menutup kakinya. Terus terang pemandangan seperti ini banyak kami jumpai di masyarakat. Padahal untuk wajah, para ulama masih berbeda pendapat tentang hukum menutupnya. Sedangkan kaki setahu kami tak ada ulama yang berbeda pendapat akan hukumnya. Kaki wanita adalah aurat.

Jadi dengan rendah hati kami ingin mengatakan bahwa, ukhti kakimu auratmu, tutup dong!
so swet.. hehe

________

Jika Anda sepakat bahwa kaki itu aurat, lalu bagaimana dengan wajah?

Jika kaki yang tidak terlalu indah itu harus ditutup, lantas bagaimana dengan wajah yang indah itu?

Memang hukum menutup wajah (menggunakan cadar) masih menjadi perbedaan pendapat para ulama. Untuk itu, dalam beragama janganlah hanya ikut-ikutan. Carilah pendapat yang menentramkan hati Anda. Tentunya dengan mengetahui alasan atau dalil-dalil dibaliknya. Beragama itu perlu ilmu, sebab dengannya kita menjadi yakin dengan apa yang dilakukan, tanpanya kadang kita terjerumus dalam amalan palsu. Sederhananya amalkan apa yang telah Anda ilmui dan ilmui apa yang Anda amalkan.
    (رواه ابن ماجه)  طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِم

“Menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam”  (HR. Ibn Majah)  


مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ 

"Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan kepadanya, niscaya Allah akan pahamkan dia tentang agama(nya)." (Muttafaqun 'alaih) 

___
Semoga bermanfaat.

Share This Article


4 comments: